Bupati Sebut Expo Angkat Martabat dan Budaya Orang Alor

Bupati Alor Drs. Amon Djobo sambutan di Expo, Senin (16/9/2019) di Kalabahi.
Bupati Alor Drs. Amon Djobo sambutan di Expo, Senin (16/9/2019) di Kalabahi.

Kalabahi, Tribuanapos.net – Bupati Alor Drs. Amon Djobo memuji Expo Alor XIII dan Karnaval VI Tahun 2019. Ia menyebut Expo kali ini nuansanya lebih mengangkat martabat dan budaya orang Alor.

“Kami tidak pernah kalah ide dan gagasan karena kami punya budaya yang kompleks yang memberi nilai luar biasa,” ujar Bupati di pembukaan Expo Senin, (16/9) di Kalabahi.

Bupati mengatakan, Expo kali ini lebih bernuansa adatiah dan budaya. Sebab masing-masing peserta dari 17 Kecamatan memamerkan atraksi seni budayanya.

“Mereka hadir dengan (beragam) budaya, kreatifitas, tuturan-tuturan adat lewat lego-lego, tarian kesenian maupun lewat pertunjukan rakyat,” tutur Bupati yang kini sah terpilih langsung dan menjabat Bupati periode kedua itu.

Bupati Amon mengajak masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan kekayaan budaya Alor demi generasi penerus daerah ini.

Selain budaya, Bupati Amon Djobo menambahkan Expo Alor ini juga memamerkan beragam ekonomi kreatif. Bagi dia, sektor ekonomi kreatif yang tumbuh pesat ini merupakan buah dari keberhasilan campur tangan pemerintah daerah.

Terima Kasih Gubernur 

Bupati Amon mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT dan semua pihak yang terus bersama membangun kemajuan pariwisata di Kabupaten Alor.

Sementara Kadis Pariwisata NTT Wayan Darmawa mengajak masyarakat menjaga destinasi wisata di Alor. Ia mengaku, ke depan pemerintah akan terus mendorong peningkatan instrastruktur pariwisata di Alor.

Wayan mengajak para wisatawan agar sering-seringlah berkunjung ke Alor menikmati potensi wisata dan budaya.

“Setelah Expo ini bisa berkunjung ke destinasi-destinasi yang ada di Alor. Alor punya banyak destinasi wisata alam dan atraksi budaya,” pinta Wayan.

Ketua Panitia Expo Hopni Bukang, SH menjelaskan, tujuan Expo dan Karnaval merupakan ajang promosi industri wisata dan seni budaya.

Sekda Alor itu bilang bahwa, Expo juga bertujuan menciptakan rasa persaudaraan, kebersamaan dan kerjasama antar etnis di Alor agar tidak mudah terpecahbelah.

Hopni mengajak masyarakat melestarikan budaya dan membangun solidaritas kekeluargaan yang kokoh demi keutuhan daerah ini.

“Expo Alor dan Karnaval ini juga akan diisi pemilihan Putri Pariwisata Alor Tahun 2019,” tutup Hopni Bukang yang disebut-sebut akan maju bertarung pada pemilihan Bupati Alor, 2024.

Repoter: Demas Mautuka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here