Covid-19, Mungkin di Alas Kaki Anda

Dr. Handrawan Nadesul
Dr. Handrawan Nadesul

COVID-19 MUNGKIN DI ALAS KAKI ANDA

Oleh: Dr HANDRAWAN NADESUL

Ya betul. Perhatikan alas kaki Anda setiap pulang dari luar rumah. Mengapa? Oleh karena ada temuan bahwa di alas kaki bisa terbawa berbagai jenis bibit penyakit dari jalan yang Anda lalui.

Diduga ada Covid-19 juga ketika di tempat publik, di jalan publik. Semakin banyak orang pembawa Covid-19 kemungkinan, baik yang sedang masa tunas, baru mulai sakit, atau carrier, yakni pembawa Covid-19 tapi tidak kelihatan sakit, berada dan melewati jalan-jalan publik. Bahkan di lingkungan kompleks perumahan Anda sekalipun. Karena tentu begitu beragam orang luar yang masih ada yang keluar masuk kompleks, terbawa ban motor dan mobil, selain semburan batuk, bersin, bahkan sekadar bercakap sajapun. Covid-19 yang disemburkan itu akhirnya akan jatuh ke jalan yang mereka pembawa-19 lewati, dan kita lalu menginjaknya.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/04/20/ayo-gerakan-konsep-prosumen-mana-tahu-pandemi-masih-berkepanjangan/

Temuan di RS Wuhan ternyata lantai rumah sakitnya penuh dengan Covid-19, terutama di lantai ICU, selain di kamar ganti dokter, dan toilet RS. Itu berarti Covid-19 yang disemburkan dari hidung dan mulut pembawa Covid-19 sebagian (besar) akan berjatuhan ke lantai bila tidak terhirup orang sekitarnya. Dan jumlahnya tentu lebih banyak dari yang terhirup, karena semua orang sudah memakai masker. Yang jatuh ke lantai jauh lebih banyak, baik dari yang melekat pada pakaian, pada rambut, bahkan pada masker sekalipun, bisa saja oleh gravitasi, akhirnya Covid-19 jatuh ke lantai juga.

Lebih dari sekadar di jalan raya, bahkan jalan umum, jalan lingkungan, kemungkinan Covid-19 berada di jalan-jalan yang mungkin kita lalui. Terlebih bila kita pulang dari rumah sakit, hampir pasti virus itu ada.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/04/18/foto-foto-hoax-pasien-01-covid-19-ntt-yang-beredar-di-jagat-maya/

Maka berhati-hatilah, perhatikan dan awasi alas kaki Anda setiap pulang dari luar rumah. Bahkan mungkin di jalan depan rumah Anda sekalipun, setelah ada pengantar koran, pembawa paket, tukang sayur, atau siapapun membawa Covid-19 pada ban motor dan mobil, serta alas kakinya.

Bersihkan alas kaki, semprotkan sanitizer, dan letakkan alas kaki di luar ruangan rumah. Letakan di udara terbuka dan terkena cahaya matahari, tidak membawanya masuk ke ruangan rumah.

Selama ini kita fokus pada masker, cuci tangan, menjaga jarak dengan orang lain, namun luput memikirkan kemungkinan Covid-19 bisa juga berada di alas kaki kita. Kita mungkin tidak menduga, bahwa dengan cara ini lewat alas kaki ini Covid-19 bisa mencemari ruangan rumah, dan kita berisiko tertular hanya karena hal itu. Salam sehat. (*).

*Dr. Handrawan Nadesul adalah dokter yang kini konsen menulis buku kesehatan termasuk buku covid-19. Ia tinggal di Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here