Sekdes di Pegunungan Alor Selatan ini Jadi Lulusan Terbaik Untrib Tahun 2019

Rektor Untrib Alvons Gorang, S.Sos.,MM pindah toga lulusan terbaik, Nikodemus Makalbani, S.M
Rektor Untrib Alvons Gorang, S.Sos.,MM pindah toga lulusan terbaik, Nikodemus Makalbani, S.M

Kalabahi 

Nikodemus Makalbani Sarjana Manajemen, keluar sebagai lulusan terbaik Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi Tahun Akademik 2019/2020. Ternyata Nikodemus adalah PNS berusia 46 tahun yang selama ini bekerja sebagai Sekretaris Desa Maikang, Kecamatan Alor Selatan, Kabupaten Alor Propinsi NTT.

Sekdes Nikodemus menjadi nama yang dibacakan pertama dari 244 wisudawan Untrib Tahun 2019. Setelah namanya dibacakan Kepala BAAK Erna Malaikosa, M.Kom, Nikodemus berdiri dan perlahan berjalan ke depan.

Dia kemudian mendapat kehormatan pindah toga pertama dari Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM. Pengumuman pretasi itu disaksikan Sekda NTT Ir. Ben Polo Maing, Wabup Alor Imran Duru, Ketua DPRD Enny Anggrek dan ribuan undangan yang hadir.

Kepada wartwan, Nikodemus Makalbani, S.M, mengutarakan kebanggaan dan sujud syukurnya. Walaupun tinggal dan bekerja di pegunungan Alor Selatan, namun ia diumumkan sebagai lulusan terbaik Untrib dengan IPK, 3,69 dan lulus cepat waktu, 4 tahun.

“Ini suatu mujizat Tuhan yang terjadi dalam hidup saya. Saya tidak membayangkan semuanya akan terjadi seperti begini. Syukur kepada Tuhan sang pemberi kehidupan ini. Saya percaya bahwa semua ini bukan kehebatan saya, melainkan ini karena kemahakuasaan Tuhan. Terima kasih Tuhan,” katanya usai acara wisuda Untrib, Rabu (30/10/2019) di Kalabahi.

Persembahkan Prestasi ke Istri dan Anak 

Prestasi tersebut kata Nikodemus, ia persembahkan special kepada istri tercinta dan ketiga anaknya serta orangtuanya di kampung halaman, terutama untuk kemuliaan Tuhan.

“Saya persembahkan khusus kepada istri saya Dorkas Makalbani dan anaka-anak saya; Novanto, Novi dan Yunita Andiani Makalbani. Karena doa mereka akhirnya saya raih prestasi ini. Tak lupa, saya pesembahkan juga kepada orang tua saya dan terutama untuk Tuhan,” ujarnya.

Berbekal ilmu pengetahuan Manajemen pada Fakultas Ekonomi Untrib, Nikodemus berkomitmen memakai ilmu tersebut untuk kemajuan pembangunan di Desanya. Dia yakin ilmunya dapat berguna bagi pembangunan Alor.

“Saya percaya bahwa ilmu yang saya peroleh akan saya dedikasikan sepenuhnya untuk kampung halaman. Saya mohon dukungan dari semua orang,” tutur dia.

Di akhir wawancara, Nikodemus mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, utamanya keluarga, rekan-rekannya, dan civitas Untrib Kalabahi yang sudah mendukung selesaikan pendidikannya.

“Untuk keluarga terkait dan rekan-rekan mahasiswa, saya ucapkan terima kasih. Semua ini atas dukungan mereka. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor, dosen-dosen dan semua di Untrib. Semoga Tuhan memberkati mereka dalam tugas masing-masing,” tutup Nikodemus.

Syukur Lulus Terbaik

Sementara lulusan terbaik Salsabila Sogo, S.Mat, juga mengucapkan syukur karena ditetapkan sebagai lulusan terbaik nomor tiga. Ia persembahkan prestasi tersebut kepada orang tua, keluarga, rekan-rekan mahasiswa dan kepada Almamater Untrib terkhusus Program Studinya.

“Bersyukur karena Tuhan Yang Maha Kuasa saya dipilih jadi lulusan terbaik. Ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri terlebih program studi (Matematika, FKIP),” katanya.

Salsabila mengaku, prestasi tersebut membuktikan bahwa hari ini perempuan Alor bisa bersaing dengan laki-laki dalam dunia pendidikan.

Selaku Aktivis mahasiswa, wanita peraih IPK 3,35 itu menghimbau rekan-rekannya mengatur waktu belajar dan berorganisasi secara baik. Hal itu dimaksudkan untuk mementahkan anggapan orang tua dan masyarakat bahwa organisasi hanya akan menghambat studi.

“Saya mau sampaikan kepada teman-teman bahwa tetap prioritaskan akademik, loyalitas dalam berorganisasi dan totalitas dalam sebuah perjuangan. Semoga ke depan ada kader perempuan yang terpilih jadi lulusan terbaik, terutama dari kalangan aktivis,” sebut Salsa.

Semua karena Tuhan

Lulusan terbaik keempat Nova Nely Namo, SH mengucap syukur pula atas prestasi yang digelarnya. Nova mengaku pretasi tersebut atas kehendak Tuhan Yesus.

PNS pemilik IPK 3,69 itu mengaku akan menerapkan ilmu hukum yang diperolehnya dalam dunia kerja nanti. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada semua yang mendukungnya.

“Puji Tuhan Yesus hari ini saya diberi gelar sebagai lulusan terbaik. Semua ini karena campur tangan Tuhan. Saya akan gunakan ilmu ini untuk bekerja nanti. Terima kasih kepada semua yang mendukung saya selama ini sampai capai prestasi ini,” pungkas Nova.

Wisudawan Program Sarjana dengan IPK tertinggi periode wisuda kali ini diraih lima mahasiswa. Mereka adalah, pertama; Nikodemus Makalmani, SM. IPK 3,69. Peringkat kedua diraih Fitriana Samoi, S.Pd. IPK 3,56. Ketiga, Salsabila Sogo, S.Mat. IPK 3,53. Keempat, Nova Nely Namo, SH, IPK 3,69. Kelima, Agustinus Banu, S.Pd. IPK 3,50.

Penentuan lulusan terbaik ditetapkan melalui beberapa kriteria yakni; lama studi atau tahun tamat, tidak pernah program ulang mata kuliah, dan standar IPK.

Sebagai bentuk penghormatan, kelima lulusan terbaik itu kemudian mendapat cindera mata dari Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here