Bulog Alor Jual Sembako Murah, Ini Jenis Barang yang Dijual

Beras Bulog
Beras Bulog

Kalabahi –

Kantor Perum Bulog Kansilog Kalabahi memastikan stok sembako yang tersedia di Kabupaten Alor, Provinsi NTT, cukup stabil menghadapi wabah covid-19. Stok sembako yang disiapkan malah untuk enam bulan ke depan dan dijual cukup murah.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Perum Bulog Kansilog Kalabahi Elita Mautang, SP saat dimintai tanggapannya terkait ketersediaan stok dan harga sembilan bahan pokok (sembako) di kabupaten Alor di tengah ancaman wabah virus corona (covid-19).

“Kalau stok kita beras cukup untuk lima sampai enam bulan ke depan. Ada 1600 ton,” kata Elita, Kamis (2/4) di Kalabahi.

Sembilan bahan pokok yang disediakan Bulog yaitu: beras, minyak goreng, tepung terigu, bawang merah, bawang putih dan telur ayam. Semua barang-barang itu dijual murah.

Berikut rincian harganya:

  • Beras Biasa, Rp. 9 ribu/kg
  • Beras Premium, Rp. 11.500/kg
  • Beras kesehatan forti fit, Rp. 20 ribu/kg
  • Minyak goreng, Rp. 13 ribu/botol
  • Tepung terigu, Rp. 8.500/kg
  • Bawang Merah, Rp. 33 ribu/kg
  • Bawang putih, Rp. 49 ribu/kg
  • Telur Ayam, Rp. 61 ribu/rak
Baca Juga:

https://tribuanapos.net/2020/04/02/harga-gula-naik-22-ribu-ini-respon-dprd-dan-apindo-alor/

Elita mengatakan, barang-barang sembako tersebut rutin dijual setiap hari kerja termasuk hari Sabtu dan Minggu. Masyarakat yang hendak membelinya diminta datang ke kantor Perum Bulog di Kelurahan Binongko Kecamatan Teluk Mutiara.

Kepala Bulog memastikan, akan melayani masyarakat dengan harga yang tersedia. Ia menghimbau masyarakat tidak berbondong-bondong bepergian dalam jumlah yang besar. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona sesuai anjuran pemerintah tentang sosial sistanting.

“Kita buka setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu. Kalau masyarakat mau datang beli di kantor, silahkan, tapi kalau bisa datang jangan ramai-ramai. Corona ini kita harus jaga jarak sesuai himbauan pemerintah,” katanya.

Elis menambahkan, saat ini Bulog mengentikan sementara operasi pasar murah. Bulog tidak melakukan pasar murah sejak dikeluarkannya kebijakan pemerintah tentang sosial distanting. Masyarakat disilahkan berbelanja langsung di kantor Bulog dan tetap mengikuti himbauan pemerintah yang ada.

Baca Juga:

https://tribuanapos.net/2020/04/02/kadis-perdagangan-alor-yang-teriak-harga-sembako-naik-suruh-dorang-tanam/

“Kita pasti layani. Kalau beli banyak barang nanti kita siapkan mobil untuk angkut, kita antar. Intinya jangan datang ramai di kantor,” pungkasnya. “Untuk operasi pasar kita sedang hentikan sementara karena takutnya nanti banyak orang,” lanjut Elita.

Terkait lonjakan harga gula di pasaran, Elita mengakui bahwa stok gula memang sedang kosong di Bulog. Saat ini dirinya masih berkoordinasi untuk mendatangkan tambahan kuota gula dari Surabaya.

“Untuk stok gula pasir memang stok di kami lagi kosong. Memang itu harganya sudah naik dari beberapa bulan lalu,” jelasnya.

Menurut Elita, Bulog juga tidak mempunyai wewenang menggelar sidak di pasaran untuk menstabilkan harga sembako. Pihaknya hanya menyiapkan sembako murah untuk masyarakat.

“Oh kalau itu (sidak) tidak. Bukan wewenang kami,” pungkas alumnus Faperta Undana Kupang angkatan masuk tahun 2003 itu. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here