Pemkab Alor Himbau Warganya Tak Buang Sampah di Kali dan Drainase

Arif Bunga, ST
Arif Bunga, ST

Kalabahi –

November-Februari musim hujan. Pemerintah Kabupaten Alor menghimbau warganya tidak membuang sampah di kali, sungai, selokan, terutama di saluran drainase. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir dan bencana alam lainnya.

“Bagi warga yang tinggal di sepanjang bantaran kali/sungai dihimbau tidak membuang sampah pada saat musim banjir,” kata Kasie Pengendalian Daya Rusak Air Dinas PUPR Alor, Arif Bunga, ST, kepada wartawan, Rabu (18/12/2019) di Kalabahi.

Ia mengatakan, warga lebih waspada menghadapi musim penghujan di tahun ini.

Arief mengingatkan warganya demikian sehingga di musim hujan tahun ini tidak ada masyarakat yang tertimpa bencana banjir dan longsor.

Ia juga menghimbau warga di Kota Kalabahi supaya tidak membuang sampah sembarangan di selokan atau saluran drainase. Hal itu untuk mengantisipasi genangan-genangan air yang meluap di badan jalan umum.

“Kami mohon dengan sangat hormat bagi masyarakat di Kota, jangan buang sampah di saluran drainase. Sebab nanti terjadi penyumbatan. Kota ini harus terbebas dari genangan-genangan air akibat hujan,” lanjut dia.

Sampah Sumbat Drainase

Sejumlah genangan air yang terjadi di kota-kota lain di Indonesia, disebabkan warganya membuang sampah di sembarang tempat termasuk di saluran drainase. Penyumbatan terjadi akibat penumpukan sampah di drainase. Itu menghambat jalur jalan air menuju ke laut.

Arief Bunga menghimbau warga Alor memiliki kesadaran penuh menjaga bentaran sungai, kali dan saluran drainase agar terhindar dari bencana banjir maupun bencana alam lainnya.

“Kami minta kalau bisa ada kesadaran penuh dari masyarakat. Mari kita menjaga saluruh bantaran kali, sungai dan saluran drainase. Kita harus manfaatkan kali, sungai dan drainase sesuai fungsinya. Sehingga tidak terjadi hal-hal seperti bencana alam yang sering terjadi sewaktu-waktu dan tidak terduga,” ungkapnya.

Di akhir wawancaranya, Kepala Seksi Arif Bunga yakin, masyarakat bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan pada musim hujan ini. Bila itu dilakukan secara bersama maka Arif yakin Visi Alor Sehat, Alor Pintar dan Alor Kenyang akan mudah diwujudkan bersama.

“Saya yakin kalau ada itikat baik dari masyarakat untuk kita sama-sama jaga alam dan kebersihan lingkungan maka Visi Alor Sehat, Alor Pintar dan Alor Kenyang dari Bapak Bupati Alor, sangat mudah kita wujudkan. Tidak ada yang mustahil jika pemerintah berjalan dan bersinergi dengan rakyatnya,” tutup Arif. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here