Apri dan Mimpi Perempuan Sumba

Apri sewaktu Training di Locavore Restaurant, Denpasar-Bali. (Foto: Apri).
Apri sewaktu Training di Locavore Restaurant, Denpasar-Bali. (Foto: Apri).

Sumba –

Apri tidak pernah menyangka bahwa ia bisa bekerja di Locavore Restaurant, Denpasar-Bali, salah satu restaurant yang masuk dalam 50 Best Restaurant in Asia.

Gadis berusia 20an tahun ini berasal dari desa Tanatuku, Sumba Timur. Ia emang punya hobby memasak dan pernah mengikuti beberapa kali pelatihan kuliner yang diadakan oleh SID mitra ChildFund. Ketika itu ia masih menjadi salah satu duta anak SID.

Nasib baik membawa ia terpilih untuk difasilitasi oleh SID mengikuti pendidikan intensif perhotelan dan pariwisata di SBD. Apri magang di Nihiwatu hotel dan training di Haweri Estate.

Berbekal pengalaman tersebut ia kemudian meninggalkan Sumba untuk bekerja dan mengembangkan ketrampilannya di bidang perhotelan dan kuliner di Bali.

Apri mengatakan: “saya bangga bisa kenal dan bergabung dengan SID bahkan sejak balita hingga dewasa.”

“SID sangat berperan dalam pertumbuhan saya hingga saat ini seperti layaknya seorang ibu. Dari SID saya belajar tentang berbagi, bekerja, bersosialisasi, belajar tentang bisnis, kepemimpinan, KeTuhanan, berpikir, tentang bersikap dan menyikapi, tentang menilai, kesehatan reproduksi, kuliner, perlindungan anak, dan lain-lain.”

“Pengalaman yang banyak itu telah membentuk karakter saya hingga saat ini. Itu juga yang membuat saya rindu dan bermimpi untuk memberikannya nanti kepada anak-anak saya dan juga kepada anak-anak lainnya.”

Selamat yah Apri. Kamu adalah salah satu perempuan Sumba yang luar biasa.

SID adalah lembaga swadaya masyarakat yang bergerak pada bidang usaha kesejahteraan sosial. Bekerja bersama masyarakat untuk menyediakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi anak adalah fokus karya SID di pulau Sumba.

Sekarang, SID sudah membantu banyak anak menggapai mimpi mereka menjadi orang sukses.

*Tulisan ini sebelumnya ditayang di laman facebook Sumba Integrated Development – SIDe, pada tanggal 21 Februari 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here