Natal Oikumene di Alor, Menag Pesan Jaga Persaudaraan Bangsa

Menag Fachrul Natal Oekumene di Alor
Menag Fachrul Natal Oekumene di Alor

Kalabahi РMenteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi menghadiri acara Natal Oikemene di kota Kalabahi, Ibukota Kabupaten Alor, Propinsi NTT, Sabtu (28/12/2019) malam. Pidato kenegaraannya, Menag Fachrul berpesan kepada umat Kristiani, jaga persaudaraan dan persatuan bangsa.

“Natal bukan saja acara seremonial bagi orang Kristen. Tetapi Natal adalah momentum yang sangat berharga bagi kita untuk merajut persaudaraan, kerukunan antar anak bangsa,” kata Menag Fachrul ketika berpidato di acara itu.

Natal juga kata Menag, jadi momen bagi kita bangsa Indonesia untuk mensyukuri keberagaman, kemajemukan, kerukunan antar umat beragama yang menyatukan kita selama ini.

Menag Fachrul lalu menghimbau kepada masyarakat Alor agar tetap menjaga nilai-nilai keberagaman dan persaudaraan yang kita miliki sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia.

Pidatonya, Menag menegaskan bahwa, perayaan Natal di tanah air tidak boleh dihalangi oleh siapapun dengan alasan apapun. Sebab, konstitusi UUD 1945 mengamanatkan seluruh umat beragama berhak melakukan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya.

“Konstitusi kita menjamin seluruh umat beragama mempunyai hak beribadah sesuai agama dan keyakinannya. Karena itu, tidak boleh ada yang halangi. Tidak boleh ada kebijakan khusus atau lex specialis untuk melarang orang beribadah Natal. Itu melanggar konstitusi kita yang lebih tinggi,” tegasnya.

Perayaan Natal Oikumene digelar di Aula Perjuangan Batunirwala sekitar pukul 20.30. Natal kali ini mengangkat Tema Natal Nasional: “Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang.”

Sebelum acara Natal digelar, Pemkab Alor menobatkan Menag Fachrul Razi sebagai tokoh adat orang Alor. Menag kemudian dipakaikan busana adat Pantar.

Natal tersebut dihadiri Dirjen PDT Drs. Samsul Widodo, MA, Kadis Infokom Propinsi NTT Abraham Maulaka, Bupati Alor Drs. Amon Djobo dan jajarannya, Ketua MS GMIT Pdt. Dr. Mery Kolimon, para tokoh lintas agama, Forkopimda Alor dan tamu undangan lainnya. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here