Pemerintah Apresiasi KBPM Untrib Tahun 2020

Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM memberikan cindera mata sehelai salendang kepada Wabup Alor Imran Duru, S.Pd usai membuka acara pembekalan KBPM Untrib Tahun 2020, Senin (27/7) di halaman kampus Untrib, Kalabahi.
Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM memberikan cindera mata sehelai salendang kepada Wabup Alor Imran Duru, S.Pd usai membuka acara pembekalan KBPM Untrib Tahun 2020, Senin (27/7) di halaman kampus Untrib, Kalabahi.

Kalabahi –

Wakil Bupati Alor Imran Duru, S.Pd mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi Untrib yang sudah mengangkat Thema KBPM tahun 2020 tentang Peran Mahasiswa Mewujudkan Alor Pintar, Alor Sehat dan Alor Kenyataan di Era New Normal. Hal itu dikatakan Wabup usai membuka acara KBPM, Senin (27/7) di halaman Kampus Untrib.

“Pemerintah apresiasi Untrib karena KBPM tahun ini sudah mengangkat Thema: Alor Pintar, Sehat dan Kenyang untuk masyarakat,” kata Wakil Bupati Imran.

“Thema ini dia konek dengan program pemerintah sehingga mahasiswa nanti turun di masyarakat kan dia sudah sosialisasi program pemerintah di masyarakat. Maka pemerintah memberikan apresiasi sekaligus dukung kegiatan pendampingan masyarakat ini oleh mahasiswa,” sambung Imran.

Wabup mengingatkan kepada 236 mahaiswa KBPM agar bila terjun di masyarakat harus menjaga almamater kampus Untrib.

“Terjun di masyarakat itu kita harus menjaga harga diri. Gunakan ilmu yang ada untuk membangun masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/27/covid-19-236-mahasiswa-untrib-kbpm-hanya-sebulan/

Imran menyatakan, pemerintah akan bersinergi dengan Untrib dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia Alor.

Bentuk dukungannya, pemerintah akan menyiapkan beasiswa kepada Untrib untuk studi lanjut para dosen.

Selain itu pemerintah akan bekerjasama dengan Untrib untuk membangun daerah. Imran mengakui, skil Untrib saat ini sangat dibutuhkan pemerintah membangun daerah.

Wabup juga memuji Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM karena sudah berhasil membawa kemajuan bagi pendidikan tinggi di Untrib.

Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM beri penghormatan khusus kepada Wabup Imran karena sudah hadir membuka acara KBPM Untrib Tahun 2020.

Sambutannya, Rektor ingatkan mahasiswa KBPM agar terjun ke masyarakat nanti tetap memperhatikan standar protokol Covid-19.

Menurut Rektor, kebijakan kampus perpendek interval waktu KBPM ke satu bulan karena mengikuti kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tinggi.

“KBPM tetap di desa. Dan kita putuskan KBPM tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya selama dua bulan. Kita putuskan hanya dilaksanakan dalam satu bulan,” katanya.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/26/mungkinkah-golkar-usung-pally-singh-di-pilkada-alor-begini-kata-laka-lena/

Rektor Alvons lalu menjelaskan alasan kampus mengangkat Thema tahun ini: Peran Mahasiswa Untrib dalam Mewujudkan Alor Pintar, Alor Sehat dan Alor Kenyang di masa New Normal.

“Kenapa Thema ini kita angkat, kita usung dalam KBPM kali ini? Karena kita ingin berkontribusi bagi daerah. Untrib ingin berkontribusi bagi masyarakat, bagi Alor,” ujarnya.

Menurutnya, Visi Alor Pintar, Sehat, Kenyang merupakan visi yang baik. Namun visi tersebut akan sulit diwujudkan bila pemerintah bekerja sendiri. Oleh sebab itu Untrib ingin bermitra dengan pemerintah, bekerja bersama mewujudkan visi daerah.

“Pelaksanaan KBPM kali ini kita ingin membantu pemerintah. Kita ingin berbagi wawasan. 236 Mahaiswa akan tersebar di 28 desa. Kita harap mereka bisa membantu pemerintah, bantu masyarakat untuk berbagi wawasan tentang bagaimana masyarakat bisa kenyang, sehat dan bisa pintar dari potensi-potensi yang ada di sekitar mereka,” katanya.

Untuk mengetahui implementasi program Alor Pintar, Alor Sehat dan Alor Kenyang sebagai bekal Mahasiswa, Panitia mengundang Kepala Bapelitbang Alor untuk menjelaskan dalam kegiatan pembekalan.

Alvons berharap, penjelasan implementasi program dari perwujudan visi daerah tersebut dapat dicerna secara baik oleh mahasiswa guna diterapkan dalam kegiatan KBPM Untrib.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/26/ans-takalapeta-minta-hindari-politik-gunung-pantai/

Selain daripada itu Rektor mengungkapkan terima kasih kepada Satgas Covid-19 Alor yang turut hadir menyampaikan materi pencegahan dan penanganan Covid-19 di Era New Normal.

Ia minta mahasiswanya mengikuti seluruh materi dengan baik agar mampu menerapkan standar Covid-19 di desa.

Alvons juga menghimbau mahasiswanya terapkan ilmunya di masyarakat selama sebulan KBPM. Ia minta seluruh potensi desa diekspor ke media sosial agar menjadi bahan inovasi baru di desa.

Rektor Alvons optimis mahasiswa mampu menerapkan ilmunya di masyarakat dan belajar bersama masyarakat bila terjun di desa nanti.

Pada akhir sambutannya, Alvons Gorang mengucapkan terima kasih kepada Bupati Alor Drs. Amon Djobo khususnya Wakil Bupati Alor Imran Duru yang hadir membuka acara KBPM.  Alvons yakin mitra Untrib dan Pemda akan membawa suatu kemajuan yang berarti bagi pembangunan daerah. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here