Sekolah di Alor Diberi Wewenang Umumkan Kelulusan Ujian Siswa SD dan SMP

Sekretaris Dinas pendidikan Kabupaten Alor, Mesak A. Malailak, S.Pd.,M.Pd
Sekretaris Dinas pendidikan Kabupaten Alor, Mesak A. Malailak, S.Pd.,M.Pd

Kalabahi –

Dinas Pendidikan Kabupaten Alor Provinsi NTT memberikan kewenangan penuh kepada otoritas Sekolah untuk mengumumkan hasil ujian peserta didik SD dan SMP. Pelimpahan wewenang tersebut sudah sesuai ketentuan dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah.

“Kali ini hasil ujian siswa SD dan SMP itu diserahkan sepenuhnya kepada Kepala Sekolah dan Guru. Nanti mereka tentukan lulus dan tidaknya siswa itu berdasarkan hasil rapat dewan guru dan Kepala Sekolah. Ini berdasarkan kebijakan baru Merdeka Belajar dari Pak Menteri Nadiem dan Pak Kadis Pendidikan Alor Alberth N. Ouwpoly,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Alor Mesak A. Malailak, Senin (17/5) di Kantor Diknas, kompleks Mola.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2021/05/22/disdik-alor-pastikan-bangun-gedung-sd-jirtag-di-tahun-2022/

Menurutnya, syarat penentuan kelulusan peserta didik sudah ditentukan, di antaranya: pertama; porto folio peserta didik (evaluasi nilai raport dan prestasi lainnya). Kedua; nilai perilaku dan sikap. Ketiga; tes tertulis/ujian sekolah.

“Itu menjadi standar dan kewenangan penentuan kelulusan peserta didik berdasarkan persyaratan dan hasil rapat dewan guru,” ungkap Mantan Ketua KNPI Alor itu.

Mesak Malailak menerangkan, ujian sekolah ini juga digelar merupakan akhir dari sebuah proses perjuangan panjang pembelajaran dalam masa waktu tertentu. Selain itu ujian ini pun bermaksud salah satunya untuk mengevaluasi prestasi belajar siswa.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2021/05/22/disdik-alor-bantu-7-tenda-darurat-belajar-pada-sekolah-yang-hancur-diterpa-seroja/

“Ujian ini kita evaluasi 6 tahun untuk SD sederajat¬† dan 3 Tahun untuk SMP sederajat selama belajar di sekolah. Kalau semua punya hasil ujian yang memuaskan maka tentu ini sebuah kebanggaan bagi diri sendiri, orang tua, keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Disinggung mengenai presentasi kelulusan tahun pelajaran 2021 ini, Mesak mengatakan:

“Kami belum mendapat laporan hasil ujian dari Sekolah. Karena pengumuman hasil ujian SD dilakukan hari ini tanggal 17 Mei. Sementara untuk SMP nanti di tanggal 20 Mei. Kalau sudah ada hasil nanti kita umumkan presentasinya. Biasanya setelah pengumuman ujian, seminggu baru kami dapat laporan,” pungkas Sekdis Mesak. (*dm).