Satu Petugas RSD Kalabahi Positif Covid-19 

Ilustrasi pasien virus corona atau Covid-19. (Foto: Tribunnews.com).
Ilustrasi pasien virus corona atau Covid-19. (Foto: Tribunnews.com).

Kalabahi –

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Alor umumkan satu pasien positif terjangkit virus corona atau Covid-19, hari ini. Pasien berinisial G tersebut merupakan seorang petugas kesehatan yang bekerja di Unit Perawatan Intensif (ICU) RSD Kalabahi.

“Betul, kita pasien 1 positif Covid-19. Dia petugas medis. Sudah dikarantina. Sedang dirawat dan dalam pengawasan kita,” kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Alor, Sony Alelang, Sabtu (29/8) di Kalabahi.

Sony menjelaskan, pasien G merupakan pelaku perjalanan dari Kota Kupang. Ia diduga terjangkit virus corona di Kota Kupang setelah baru-baru ini melakukan tugas daerah ke sana. Pasien diketahui beralamat di salah satu kelurahan di Kecamatan Teluk Mutiara.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/08/28/polri-tanggapi-surat-dewan-pers-soal-wartawan-alor-dipidana/

Saat ini pasien tersebut sedang dikarantina di Rumah Karantina gedung baru RSD Kalabahi dan mendapat perawatan intensif dari tim dokter Covid-19.

Tim Gugus Tugas, kata Sony sedang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para pihak yang melakukan kontak langsung dengan pasien.

Sejumlah rekan kerja yang terbukti kontak dengannya sudah dilakukan pemeriksaan swab di RSUD Kalabahi. Sampel swab tersebut akan dikirim secepatnya ke RSU WZ Yohannes Kupang untuk dianalisis.

Informasi yang dihimpun wartawan, sejak malam tadi sudah puluhan sampel swab yang diambil tim dokter RSD Kalabahi. Sampel tersebut mayoritas diduga dari rekan kerja pasien yang kontak langsung dengannya. Sampel lainnya dari keluarga dekat pasien.

Sony menghimbau kepada masyarakat Alor agar tidak panik. Masyarakat diminta tetap beraktivitas seperti biasa sembari memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/08/27/rektor-untrib-beberkan-konsep-merdeka-belajar-di-hadapan-575-mahasiswa-baru/

“Masyarakat kita himbau tetap aktivitas seperti biasa. Ingat jaga jarak, hindari kerumunan masa, pakai masker dan bawa handsanitizer. Semua harus perhatikan protokol kesehatan covid ini,” ungkapnya.

Pemerintah daerah memastikan, akan mengambil langkah-langkah strategis dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Alor.

Adanya satu pasien positif Covid-19 ini membuat Alor menjadi zona merah virus corona di Provinsi NTT setelah sebelumnya belum ada pasien positif pasca pemerintah pusat umumkan wabah covid-19 awal Maret lalu. (*dm).