Expo Alor dan Alor Carnaval Tahun 2022 Dorong Ekonomi Kreatif dan Budaya

Kadis Pariwisata Alor Ripka Sukerni Jayati. (Foto: tribuanapos.net/demas).
Kadis Pariwisata Alor Ripka Sukerni Jayati. (Foto: tribuanapos.net/demas).
Kalabahi –
Pemerintah Kabupaten Alor berencana menggelar Expo Alor dan Alor Carnaval pada tanggal 4-8 Oktober 2022 di Lapangan Mini Kalabahi Kota. Expo dan Alor Carnaval ini digelar dengan maksud untuk mendorong sektor usaha mikro kecil menengah atau UMKM supaya pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat pasca pandemi Covid-19.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor Ripka Sukerni Jayati mengatakan, panitia telah mempersiapkan 100% untuk acara pembukaan Expo Alor XV dan Alor Carnaval VIII. Menurut rencana acara pembukaan dilangsungkan pada tanggal 4 Oktober di Lapangan Mini Kalabahi sekitar pukul 18.00 WITA. Undangan juga sudah didistribusikan.
“Acara pembukaan Expo dan Alor Carnaval besok tanggal 4 Oktober sekitar sore atau malam. Segala persiapan kita sudah 100% fix, dan tinggal menunggu acara pembukaanya besok,” kata Ribka kepada wartawan, Senin (3/10) di Kalabahi.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2022/09/26/polisi-tahan-seorang-koster-gereja-gmit-di-alor-yang-diduga-cabuli-anak/
Ribka menjelaskan, peserta dan undangan yang diundang berpatisipasi dalam hajatan Expo dan Alor Carnaval ini terdiri dari 18 kecamatan, OPD dan atau badan/lembaga pemerintah daerah. Undangan juga ditujukan pada pelaku UMKM secara perorangan maupun badan usaha untuk memamerkan produk usahanya di arena Expo.
Selain itu, Panitia juga telah mengundang Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kepala Dinas Pariwisata NTT dan unsur terkait di Provinsi. Undangan juga sudah dikirimkan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menghadiri acara Expo dan Alor Carnaval di Kalabahi.
“Undangan untuk Bapak Gubernur dan Kadis Pariwisata NTT juga sudah kita kirimkan namun karena ada kedukaan meninggalnya Pak Sekda NTT (Domu Warandoy) jadi kami masih menunggu informasi (kehadiran) melalui protokol Gubernur. Kalau beliau (Gubernur) tidak bisa hadir membuka acara maka Bapak Bupati (Amon Djobo) yang membuka acaranya,” ujarnya.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2022/09/30/hut-ke-63-spensa-kalabahi-kasek-beberkan-segudang-prestasi-siswanya-hingga-capai-level-nasional/
Expo dan Alor Carnaval Tampilkan Produk UMKM Unggulan dan Atraksi Budaya
Panitia Expo nampak sobuk mempersiapkan Stand Expo di Lapangan Mini Kalabahi jelang pembukaan Expo Alor dan Alor Carnaval, Selasa 4 Oktober 2022.
Panitia Expo nampak sibuk mempersiapkan Stand Expo di Lapangan Mini Kalabahi jelang pembukaan Expo Alor dan Alor Carnaval, Selasa 4 Oktober 2022.
Kepala Dinas Pariwisata Alor Ribka Sukerni Jayati menerangkan bahwa Expo Alor tahun ini akan menampilkan produk-produk UMKM unggulan masyarakat Alor. Sebab produk-produk unggulan tersebut di dua tahun ini sulit dipasarkan akibat pandemi Covid-19.
“UKMK yang selama dua tahun ini mereka kelola, baik di rumahan, produk lokal, kuliner, cendermata, semua ini akan kita tampilkan di arena Expo. Karena covid maka dua tahun tertunda jadi ini momentum Expo ini mereka bisa pakai jual produk-produknya. Kita mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat supaya bisa lebih cepat pulih dan bangkit pasca pandemi Covid ini,” katanya.
Ribka optimistis bahwa, berbagai produk unggulan daerah yang dipasarkan dalam arena Expo ini akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat khususnya para pelaku UMKM.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2022/09/30/polisi-limpahkan-berkas-sas-ke-jaksa/
Sementara itu kegiatan Alor Carnaval ini akan menampilkan atraksi budaya dari 18 kecamatan. Ribka menyebutkan bahwa Alor Carnaval ini penting dipentaskan untuk melestarikan nila-nilainya pada generasi mendatang.
“Jadi seluruh potensi yang dimiliki oleh kecamatan, pakaian, motif, lambang, tarian dan atraksi budaya itu nanti mereka tampilkan itu dalam acara Carnaval. Kita harap semua bisa menampilkan keragaman budaya yang ada bahwa budaya kita ini kaya dan harus kita lestarikan,” ungkapnya.
Atraksi pawai carnaval budaya ini menurut rencana akan dimulai dari rute di depan SMA Katolik St Yoseph Kalabahi, berakhir di arena Expo di Lapangan Mini Kalabahi.
Ribka meminta dukungan masyarakat Alor dalam menyukseskan kegiatan Expo dan Alor Carnaval tahun 2022 ini. Sebab tanpa dukungan maka hajatan yang dirancangkan sebesar ini akan sulit tercapai sesuai target pemerintah daerah.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2022/09/30/ayo-daftar-diri-anda-ikut-tour-and-camping-the-lingal-alor-tahun-2022/
“Kami sangat berharap dukungan dari masyarakat Alor, dari siapa saja untuk memperkenalkan keunggulan Alor di Indonesia dan manca negara. Mari kita bertanggung jawab bersama mendorong kemajuan pariwisata kita di Alor,” ujarnya.
Kadis Pariwisata mengajak masyarakat Alor yang ingin datang menyaksikan acara Expo dan Alor Carnaval tahun 2022 ini agar tetap memperhatikan protocol kesehatan. Ia juga mengimbau masyarakat tidak boleh mabuk dan membuat keonaran di arena Expo.
“Kita cinta negeri ini. Alor ini bumi persaudaraan. Mari kita jaga supaya tetap seperti bumi persaudaraan, surga di Timur Matahari. Kita hindari hal-hal yang tidak berkenan untuk buat kita rugi diri sendiri. Ini ajang silahturahmi, bertemu, menjual produk daerah ini untuk pemberdayaan. Saya imbau semua harus tertib dan perhatikan protocol kesehatan di acara nanti,” tutup Ribka. (*dm).