Untrib dan Disdik Teken MoU Implementasi Program Alor Pintar

Kadisdik Alor Alberth N. Ouwpoly, S,Pd., M.Si dan Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM, berjabat tangan usai keduanya teken MoU Implementasi Program Alor Pintar, Jumat (14/8) di Aula Disdik, Mola, Kalabahi.
Kadisdik Alor Alberth N. Ouwpoly, S,Pd., M.Si dan Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM, berjabat tangan usai keduanya teken MoU Implementasi Program Alor Pintar, Jumat (14/8) di Aula Disdik, Mola, Kalabahi.

Kalabahi –

Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Alor menekan nota kesapahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) implementasi program Alor Pintar.

MoU itu ditanda tangani Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM dan Kepala Dinas Pendidikan Alor Alberth N. Ouwpoly, S.Pd.,M.Si, Jumat (14/8) di Aula Disdik, Mola, Kalabahi.

Kadis Alberth mengatakan, penandatanganan kerjasama operasional antara Untrib dan Dinsdik hari ini merupakan tindak lanjut dari MoU Pemkab dan Untrib tanggal 6 Juli 2020. Isi MoU Pemkab dan Untrib itu memuat enam poin ruang lingkup kerja sama selama kurun waktu empat tahun.

“Disdik sangat bersyukur adanya kerja sama ini sehingga proses implementasi program Alor Pintar lebih baik terkoordinasi dan kolaboratif antara Disdik dan Kampus,” kata Alberth usai teken MoU bersama Rektor Alvons.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/08/14/anggota-dprd-ntt-rocky-winaryo-sebut-jalan-kokar-mali-tetap-dikerjakan-tahun-2020/

Menurut Alberth, poin kerja sama MoU Untrib dan Disdik, ditekankan pada soal PPL Mahasiswa dan program-program penerapan teknologi pembelajaran dan manajemen kewirausahaan di sekolah. Selain itu, ada pula kerja sama di bidang advokasi hukum, pemanfaatan kebun sekolah dan publikasi karya ilmiah.

“Tidak saja PPL Mahasiswa di sekolah-sekolah tetapi kerja sama di bidang advokasi hukum, pendampingan teknologi pembelajaran dan manajemen kewirausahaan. Kemudian, pendampingan pertanian untuk pemanfaatan lahan atau kebun-kebun sekolah untuk dukungan Alor Kenyang serta pendampingan penulisan karya ilmiah dan publikasi ilmiah dan lainnya,” ujar bekas Ketua KNPI Alor itu.

Sementara, Rektor Untrib Alvons F. Gorang mengatakan, ada beberapa alasan yang mendasari kepentingan Untrib membangun hubungan kerja sama dengan pemerintah dan berbagai elemen di daerah ini termasuk Disdik.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/08/12/polres-alor-sp3-kasus-tersangka-enny-anggrek-meski-penyidik-menang-praperadilan/
Kadisdik Alor Alberth N. Ouwpoly, S.Pd.,M.Si dan Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM foto bersama pejabat Untrib usai teken MoU, Jumat (14/8) di Aula Disdik, Mola, Kalabahi.
Kadisdik Alor Alberth N. Ouwpoly, S.Pd.,M.Si dan Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM, foto bersama pejabat Untrib usai teken MoU, Jumat (14/8) di Aula Disdik, Mola, Kalabahi.

Hubungan kerja sama itu antara lain, pertama; Untrib ingin berkontribusi aktif dalam mendukung program strategis Pemkab Alor.

Kedua; “Untrib ingin membangun sinergi yang produktif dan kontributif bagi masing-masing lembaga yang bekerja sama,” tutur Mantan Ketua GAMKI Alor itu.

Ketiga; khusus dengan Disdik, upaya (MoU) ini dilakukan sebagai persiapan Untrib untuk masuk dalam implementasi kebijakan merdeka belajar dan kebutuhan yang terdekat adalah untuk terlaksananya kegiatan PPL Mahasiswa FKIP di sekaloh-sekolah binaan Dinas Pendidikan Alor.

Poin keempat, lanjut Rektor, ruang lingkup kerja sama ini cukup luas dan tidak hanya untuk urusan pendidikan tetapi juga untuk sharing kapasitas dan SDM pada bidang pertanian, teknik informatika, hukum dan manajemen.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/08/11/polisi-kantongi-nama-calon-tsk-kasus-asusila-di-bmkg-alor/

“Kami berterima kasih karena dalam kesempatan tadi Pak Kadis yang juga adalah salah satu pendiri Untrib, memberikan sambutan yang hangat dengan melibatkan seluruh elemen pendidikan di daerah ini untuk turut menyaksikan penandatanganan MoU,” katanya.

“Kami melihat ada komitmen yang kuat untuk Disdik bersama kita bersinergi membangun SDM adik-adik kita di daerah ini dengan beberapa peran dinas yang akan dipercayakan kepada dosen Untrib untuk mendukung tugas-tugas tersebut dalam pendampingan, pengawasan dan penguatan kapasitas,” ungkapnya.

Rektor Alvons yakin bahwa kerjasama yang telah termaktub dalam MoU itu akan mewujudkan visi Alor Pintar, Alor Kenyang dan Alor Sehat ke depannya. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here