26 Pejabat Struktural Untrib Dilantik, Rektor Pesan Tingkatkan Kinerja

Rektor Untrib Kalabahi Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM mengetuk palu usai memimpin acara pengambilan sumpah 26 pejabat struktural Untrib, Sabtu (6/6) di Aula Kampus Untrib, Kalabahi.mengsahkan
Rektor Untrib Kalabahi Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM mengetuk palu usai memimpin acara pengambilan sumpah 26 pejabat struktural Untrib, Sabtu (6/6) di Aula Kampus Untrib, Kalabahi.

Kalabahi –

Rektor Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM melantik 26 pejabat struktural Eselon II dan III Periode 2020-2025, Sabtu (26/6) di aula kampus Untrib Kalabahi. Dalam sambutannya Rektor mengatakan para pejabat yang dilantik bukan berdasarkan like dis like tetapi karena ia ingin meningkatkan kinerja.

“Di antara kita, ada yang naik, ada yang turun, ada yang bergeser, ada yang tetap. Ada sebagaian teman-teman yang tidak lagi masuk dalam struktur pada periode ini. Kepada teman-teman yang tidak masuk struktur, bukan karena Rektor tidak suka, bukan karena Ketua Yayasan tidak suka, bukan karena dia begini dan begitu, tetapi karena semata-mata kita ingin meningkatkan kinerja,” katanya.

“Kita ingin meningkatkan kinerja, kita ingin tingkatkan kapasitas dari masing-masing struktur ini maka kita harus melakukan roling dan pergantian-pergantian. Jujur saya mencintai, saya menghormati dan menghargai semua teman-teman yang tidak masuk dalam struktur. Saya percaya bahwa semua ini karena pilihan Tuhan. Terima kasih kepada pejabat struktural dan fungsional lama yang sudah mendedikasikan diri dengan baik,” lanjut Rektor, usai memimpin pengambilan sumpah pejabat.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/03/fredrik-kande-raih-doktor-pertama-untrib-rektor-untrib-juga-bisa/

Rektor lalu mengucapkan selamat kepada para pejabat baru yang dilantik. Ia mengajak para pejabat yang dilantik agar dapat berkonsultasi dengan pejabat lama dalam mengemban tugas baru.

Alvons yang pernah menjabat Ketua GAMKI Alor itu meminta para pejabat Eselon II dan III yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas dengan sepenuh hati. Ia mengingatkan para pejabat tidak boleh memikirkan hal-hal lain selain tugasnya sendiri.

“Kami menyampaikan selamat kepada bapak/ibu yang hari ini dilantik pada Eselon II dan III. Kita harus memberikan yang terbaik bagi universitas ini dengan fokus pada bidang tugas kita. Jangan sekali-kali kita memikirkan tugas orang lain tetap fokuslah pada tugas kita masing-masing,” katanya.

Untrib berhasil meraih kampus swasta terbaik nomor tiga di Nusa Tenggara Timur tahun 2019. Oleh sebab itu Rektor meminta, prestasi tersebut harus dipertahankan, bila perlu ditingkatkan.

Rektor Alvons menyadari bahwa keberhasilan tersebut diraih bukan atas perjuangannya sendiri melainkan atas kerja sama semua civitas Untrib dan organ Yayasan, Gereja, pemerintah dan semua pihak. Karenanya ia mohon dukungan semua pihak tetap mendukung kemajuan-kemajuan di kampus.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/03/dr-fredrik-kande-sebut-apbd-ntt-untuk-pendidikan-hanya-7/

Rektor pada kesempatan tersebut berpesan kepada para pejabat kampus dan ketua Program Studi, menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis offline, utamanya online. Sebab situasi pandemi covid-19 menuntut kampus menggunakan pembelajaran berbasis online. Rektor juga meminta semua system pelayanan di Universitas wajib berbasis online.

26 Pejabat Struktural Untrib sedang mengambil sumpah jabatan dalam acara pelantikan yang dipimpin Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM, Sabtu (6/6) di aula kampus Untrib, Kalabahi.
26 Pejabat Struktural Untrib sedang mengambil sumpah jabatan dalam acara pelantikan yang dipimpin Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM, Sabtu (6/6) di aula kampus Untrib, Kalabahi.

Alvons mengarahkan para pejabat universitas untuk mendorong para dosen menulis buku dan meningkatkan penulisan karya ilmiah guna dipublish di jurnal nasional maupun Internasional. Sebab tuntutan dunia akademik mewajibkan dosen demikian. Alvons juga meminta program penjaminan mutu perlu ditingkatkan.

“Saya harap ke depan lembaga penelitian dapat bekerja dengan maksimal. Ke depan perlu ada road map penelitian. Semua jurusan, prodi harus gunakan road map penelitian. Penjaminan Mutu juga harus lebih baik. Kampus ini harus pertahankan standar bermutu. Saling beri saran untuk meningkatkan kinerja itu baik,” ungkapnya.

Rektor juga meminta program Fokasi non gelar perlu ditingkatkan kursus-lursus keahlian. Rektor minta program tersebut bisa disasar kepada mahasiswa dan umum. Program Fokasi kata Rektor akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan daerah. Karena itu program Fokasi ke depan akan bersinergi dengan pemerintah kabupaten maupun propinsi.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/05/sekda-alor-beberkan-kesiapan-satgas-covid-19-hadapi-new-normal/

Selain itu Rektor pun mengingatkan perlu meningkatkan pembinaan karakter mahasiswa dan dosen dengan optimalkan ibadah di kampus dan perkunjungan mahasiswa. Rektor juga meminta ke depan perpustakaan kampus harus dijadikan ruang belajar mahasiswa. Perpustakaan harus berbasis online, mempublish karya ilmiah dan Skripsi mahasiswa.

Alvons Gorang meminta program-program pengabdian masyarakat dan urusan kemahasiswaan perlu ditingkatkan. Rektor Alvons berharap di periodenya ini kegiatan kemahasiswaan baik intra dan ekstra kampus harus lebih dihidupkan kembali.

“Harus ada pola pembinaan kemahasiswaan. Di semester 3 dia sudah bisa apa. Semester 7 dan 8 dia sudah bisa apa. BEM BLM perlu ditingkatkan. Semua harus dihidupkan. UKM harus dihidupkan. Organisasi intra dan ekstra kampus harus didukung penuh,” pungkas Rektor.

Rektor menyadari bahwa semua upaya dan keberhasilan tersebut tak bisa diraihnya sendiri. Karenanya ia mengajak semua pihak mampu bekerja keras dan cerdas membangun kampus ke arah yang lebih maju.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/06/anggota-dprd-ntt-rocky-winaryo-berpesan-dana-blt-bukan-beli-miras/

“Kami mohon dukungan dari semua dosen, pegawai dan yayasan untuk dapat melayani bagi Untrib. Prestasi yang disampaikan Bapak Ketua Yayasan (Untrib kampus swasta terbaik ketiga di NTT) menjadi tantangan bagi kita. Mari kita saling menopang dan membantu dalam kembangun universitas. Kerja sama kita sangat penting,” ajak Rektor.

Pengukuhan pejabat dilakukan oleh Pdt. Josis Lelangulu, S.Th.

26 Pejabat Struktural yang dilantik tersebut terdiri dari:

15 orang Eselon III diangkat berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Tribuana Kalabahi Nomor: 06/SK/UNTRIB/VI/2020 tentang Pengangkatan Ketua Program Studi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Universitas Tribuana Kalabahi Periode 2020-2025. SK itu ditanda tangani Rektor Untrib Alvonso F. Gorang, S.Sos.,MM pada tanggal 5 Juni 2020.

Kemudian 11 Pejabat Eselon II diangkat melalui Surat Keputusan Pengurus Yayasan Tribuana Alor Nomor: 23/SK/YATRIB-ADM/VI/2020 tentang Pengangkatan Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Kepala Biro dan Kepala Lembaga Universitas Tribuana Kalabahi Periode 2020-2025, tanggal 05 Juni 2020. SK tersebut ditanda tangani Ketua Pengurus Yayasan Tribuana Alor Permenas Lamma Kolly, SE dan Sekretaris, Raimundus Dagang, A.Md. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here