Untrib Sukses Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Dikti di Wilayah LLDikti XV NTT

Kabag Umum LLDIKTI-XV Abdurrahman Abdullah ketika menghadiri kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Dosen dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Dikti di Aula Kampus Untrib, Rabu (17/5/2023) di Kalabahi, Alor.
Kabag Umum LLDIKTI-XV Abdurrahman Abdullah ketika menghadiri kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional Dosen dari Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Dikti di Aula Kampus Untrib, Rabu (17/5/2023) di Kalabahi, Alor.
Kalabahi – Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Dikti Kemendikbudristek RI menggelar kegiatan sosialisasi jabatan fungsional di wilayah LLDikti XV tepatnya di Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi, Rabu (17/5/2023).
Sosialisasi kebijakan jabatan fungsional dosen ini dilakukan sesuai peraturan Menpan-RB Nomor 1 tahun 2023 tentang jabatan fungsional.
Rektor Untrib Alvonso F. Gorang, S.Sos.,MM mengucap syukur pada Tuhan karena kegiatan Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Dirjen Dikti Kemendikbudristek RI yang diselenggarakan di wilayah LLDikti XV ini sukses berlangsung di Universitas Tribuana Kalabahi.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/05/03/6-pria-di-alor-diduga-perkosa-seorang-anak-secara-bergilir-sambil-bikin-video-bokep/
“Ini perdana agenda Dikti di Wilayah LLDikti XV yang diselenggarakan di Untrib sejak adanya LLDikti XV dan sejak Untrib didirikan tahun 2007,” kata Alvonso, Rabu (17/5) di Untrib Kalabahi.
Menurut Alvonso, dengan terpilihnya Untrib sebagai tuan rumah kegiatan ini merupakan suatu kepercayaan dan kebanggaan yang sangat berharga.
“Untuk itu tidak lupa kami menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Pak Direktur SDM Dirjen Dikti Bapak Dr. Mohammad Sofyan Evendi dan Pak Kepala LLDikti XV Prof. Dr. Andre Amheka dan Pak Andre Hugo Parera Anggota DPR RI yang telah mempercayai Untrib sebagai tuan rumah kegiatan Sosialisasi Jabatan Fungsional sesuai keputusan Kemenpan-RB No 1 tahun 2023 untuk Wilayah NTT di Universitas Tribuana Kalabahi,” ujarnya.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/04/07/yayasan-tlm-gmit-dan-dinas-pertanian-alor-panen-jagung-industri-di-kecamatan-kabola/
Alvonso mengatakan, kegiatan ini penting bagi semua dosen tak terkecuali dosen Negeri maupun dosen pada perguruan tinggi swasta untuk penyamaan persepsi terkait angka kredit dan jabatan fungsional dosen sehingga semua kita sangat berterima kasih dan menyambut baik kegiatan ini.
“Bahwa dalam beberapa bulan terakhir ini sedikit terjadi kesimpangsiuran informasi yang sempat meresahkan dosen di tengah tengah tuntutan adaptasi dan penyesuaian berbagai kebijakan MBKM yang wajib diikuti oleh seluruh perguruan tinggi baik secara kelembagaan maupun secara individu terkusus urusan angka kredit dan jabatan fungsional bagi masing-masing dosen sehingga sosialisasi ini sangat menolong kami di Wilayah LLDikti XV dan Untrib bersama Stikip Muhamadia secara khusus yang hadir secara langsung,” ujarnya.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/05/15/18-parpol-sudah-ajukan-dcs-bacaleg-di-kpu-alor-3-parpol-masih-diberi-waktu-perbaikan/
Kegiatan ini turut diikuti oleh 97 Peserta dari seluruh wilayah LLDikti XV yang dalam pelaksanaanya sejumlah permasalahan dan persoalan yang menjadi pertanyaan dapat terjelaskan dengan baik oleh Narasumber yang hadir bahkan persoalan yang cukup lama terendap dapat langsung terselesaikan.
“Kami Universitas Tribuana secara khusus sedang bergumul untuk peningkatan akreditasi dari baik ke sangat baik dengan perhatian terhadap pemenuhan syarat perlu terkait dosen dengan spesifikasi Pendidkkan S3 dan Jabatan Fungsional Akademik Lektor Kepala, sehingga dari kesempatan sosialisasi ini sangat menolong kami untuk memantapkan kembali semangat untuk pemenuhan Dosen S3 pada program studi sebagaimana target kami sebelumnya untuk adanya 22 Doktor atau kandidat Doktor pada tahun 2025 dengan memberikan motivasi kesempatan dan dukungan kepada minimal dua orang per Prodi di Untrib untuk segera melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S3 dan memfasilitasi teman-teman untuk terus mengusahakan peningkatan jabatan akademik dari Asisten Ahli ke Lektor dan Lektor ke Lektor Kepala,” katanya.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/05/14/ratusan-massa-kawal-pendaftaran-bacaleg-pkb-di-kpu-alor-ketua-pkb-kami-optimistis-raih-5-kursi-di-pemilu-2024/
Rektor juga mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi ini mereka cukup mendapatkan informasi yang menolong untuk penataan karier dosen dari Asisten Ahli sampai ke Guru Besar sehingga bukan tidak mungkin antara 5 sampai 10 tahun ke depan Untrib juga memiliki Profesor yang berproses dari jabatan akademik terendah di Universitas Kalabahi karena alur mekanisme dan kiat-kiatnya sudah sangat transparan sebagaimana penjelasan dari Narasumber.
Rektor memberikan apresiasi juga kepada Dr. Andereas Hugo Parera Anggota Komisi X DPR RI yang telah hadir membuka kegiatan sosialisasi ini sekaligus juga melihat dari dekat problematika lembaga pendidikan tinggi di wilayah LLDikti XV.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/05/13/daftar-bacaleg-di-kpu-alor-perindo-optimistis-raih-6-kursi-di-pemilu-2024/
“Dukungan politis untuk penetapan kebijakan yang berpihak kepada wilayah-wilayah terluar menjadi kebutuhan yang perlu diperjuangkan oleh Pak Andre sebagai wakil dari NTT di DPR RI dan Pak Kepala LL Dikti yang diwakili oleh Pak Kabag Umum telah juga melihat kebutuhan Untrib secara lebih dekat sehingga tentunya perhatian dan dukungan dari LL Dikti akan semakin baik dan kegiatan ini memberi Energi positif yang semakin memacu Untrib dan semua peserta yang hadir untuk memberi perhatian kepada karier dosen yang di dalamnya ada tuntutan peningkatan kualitas dosen termasuk kualitas layanan pendidikan tinggi bagi masyarakat di wilayah LLDikti XV,” ujarnya.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/05/07/wakil-bupati-alor-imran-duru-tutup-usia-pemkab-siapkan-upacara-pemakaman-kedinasan/
Acara sosialisasi jabatan fungsional dosen itu dibuka oleh Anggota DPR RI Komisi X, Angreas Hugo Parera.
Turut hadir di acara itu Pejabat Direktorat Sumber Daya Kemendikbudristek, yaitu: Koordinator Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan Iwan Winardi, Sub Koordinator Karir Pendidik Wilayah II Santi Sayanti Agustina, Staf Subbag TU Direktorat Sumber Daya Mustika Mayangshita, Staf Subag TU Direktorat Sumber Daya Riekananda Mega Safira, Staf Subag TU Direktorat Sumber Daya Muslih. (*dm).