HUT 40, SMK 1 Kalabahi Usung Thema, Baktiku untuk Generasi Cerdas

Korwas SMA/SMK Kabupaten Alor, Drs. Angrith Akal, (ujung kiri), Kasek SMK N 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd (kedua kiri), Ketua Komite Jhon L. Maro (kedua kanan) dan perwakilan guru, disuguhkan kue ultah oleh para siswa di acara HUT SMK 1 ke 40, Kamis (30/7) di halaman sekolah, Lanbo, Desa Lendola, Kecamatan Teluk Mutiara.
Korwas SMA/SMK Kabupaten Alor, Drs. Angrith Akal, (ujung kiri), Kasek SMK N 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd (kedua kiri), Ketua Komite Jhon L. Maro (kedua kanan) dan perwakilan guru, disuguhkan kue ultah oleh para siswa di acara HUT SMK 1 ke 40, Kamis (30/7) di halaman sekolah, Lanbo, Desa Lendola, Kecamatan Teluk Mutiara.

Kalabahi –

30 Juli 1980 – 30 Juli 2020, SMK Negeri 1 Kalabahi genap berusia 40 tahun. Kepala SMK Idaleta Laure, S.Pd mengatakan, tahun ini thema yang diangkat adalah; Baktiku untuk menghasilkan generasi cerdas dan berkarakter.

“Thema ini kami ambil bahwa sebenarnya kami guru-guru dan pegawai, kami ingin Bakti kami hanya untuk generasi cerdas dan berkarakter,” katanya di acara perayaan HUT SMK N 1 Kalabahi ke 40, Kamis (30/7) di halaman sekolah itu.

Selain thema yang memotivasi guru dan pegawai, ada sub thema yang digagas khusus untuk para siswa. Thema itu adalah: Di sini aku meraih mimpiku, tekadku tuk memiliki ilmu.

“Lalu kepada anak-anak kami, ada juga tulisan di sana, bahwa di sinilah tempat mereka menimba ilmu, demi masa depan kami,” sambung Kasek.

Idaleta menjelaskan, pihaknya tahun ini membuat acara ulang tahun untuk mengenang sejarah perjalanan sekolah itu. Ia tidak ingin para guru, pegawai, siswa dan alumninya melupakan kisah sejarah SMK 1.

“Kita ingin membangun semangat bahwa kita tidak boleh melupakan sejarah. Sejarah dari berdirinya lembaga. Karena ketika kita sudah lulus dan kita tidak menyampaikan sejarah berdirinya sekolah ini maka anak-anak kita bahkan kita sendiri tidak akan tahu,” ujarnya.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/30/jalan-provinsi-rusak-warga-alor-cegat-gubernur-ntt/

“Karena itu kami kemas acara ini sederhana, hanya mau mengingatkan kita keluarga besar SMK N.1 Kalabahi bahwa tanggal 30 Juli itu adalah ulang tahun sekolah. Jadi di mana pun dia pergi, dia ingat bahwa tanggal itu adalah ulang tahun sekolah,” kata Idaleta.

Selain daripada itu, Kasek Idaleta juga menyatakan, HUT SMK 1 sebagai momentum mempererat tali persaudaraan yang ada di sekolah. Ia harap, para siswanya yang datang dari 13 kecamatan ini, terus terbentuk kebersamaan hari ini dan akan datang.

HUT ini pun Iadaleta berpesan kepada muridnya agar tetap tekun belajar di jurusan atau prodi masing-masing. Ia ingin para siswanya mendapatkan kecerdasan, karakter yang baik dan memiliki ketrampilan selama belajar di sekolah itu.

Kasek Idaleta optimis, HUT 40 menjadi hari yang istimewa memacu semangat para guru dan siswa untuk membawa sekolah itu menjadi SMK Bisa. Ia pun yakin sekolahnya akan berubah sitem pembejalaranannya berbasis online.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/30/dana-rp-19-miliar-bagun-jalan-kalabahi-kokar-hilang-gegara-covid-19/

“Harapannya, 40 tahun ini tentu saja sudah dewasa sekali. Kami harap ke depan semua serba global, teknologi global. Apalagi sekarang pembelajaran sudah serba online. Kita berharap 40 tahun ini bapak/ibu guru bisa melakukan tanggung jawabnya secara baik, mendidik anak, secara offline, secara daring, secara online. Selamat ulang tahun kepada anak-anak ku sekalian dan rekan-rekan guru juga alamni di mana pun berada. Sukses,” pungkas Idaleta.

Ketua Komite SMK 1, Jhon Maro, mengucapkan terima kasih kepada Kepala SMK dan jajarannya yang sudah mendidik anak-anak di sekolah dengan baik. Jhon minta maaf kepada para guru bila ada siswa yang kelakuannya tidak menyenangkan hati.

“Orang tua sudah bawa anak-anak untuk didik. Nah, watak anak kan berbeda. Ada yang menyenangkan hati guru, ada yang tidak. Tetapi semua itu per tiga bulan, enam bulan, orang tua lewat Komite bangun komunikasi dengan sekolah. Sehingga selama saya menjadi Komite ini keadaan SMK aman sampai hari ini. Saya mohon maaf kalau ada anak-anak yang salah, tolong didik mereka baik-baik,” katanya.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/29/kepala-bmkg-alor-dipolisikan-soal-dugaan-setubuhi-3-gadis-di-bawah-umur/

Jhon harap di usia 40 tahun ini, prestasi sekolah yang ada perlu ditingkatkan dengan inovasi-inovasi baru sehingga SMK ini tampil beda. Ia yakin mimpi mereka; SMK bisa, SMK hebat, SMK kuat, bisa terwujud di masa yang akan datang.

Alumni SMK Bisa Jadi Calon Pemimpin
Siswa SMK N 1 Kalabahi dapat hadiah buku dari gurunya di acara HUT 40, Kamis (30/7).
Siswa SMK N 1 Kalabahi dapat hadiah buku dari gurunya di acara HUT 40, Kamis (30/7).

Korwas SMA/SMK Kabupaten Alor, Drs. Angrith Akal mengatakan, alumni SMK bisa menjadi calon pemimpin masa depan daerah. Sebab alumni SMK mampu bekerja di mana saja dengan skil yang mereka peroleh.

“SMK ini bisa masuk kedokteran, bisa jadi calon pemimpin. Jadi kita harus hilangkan stigma bahwa SMK tidak bisa. Masuk SMK dia harus bisa. Secara hirarki kita lihat SMK itu satu level di atas SMA,” ujarnya.

Angrith juga menyinggung thema HUT 40 SMK tahun ini.

Ia katakan: “Saya tertarik dengan Thema ini. Kita di sini untuk menghasilkan generasi cerdas dan berkarakter. Maka kita semua ini orang-orang cerdas. Karena lewat kecerdasan kita, kita telah menghasilkan banyak generasi yang berkarakter.”

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/29/kasus-dugaan-prostitusi-di-rumah-dinas-kepala-bmkg-alor-sekali-kencan-rp-500-ribu/

“Kata karakter ini yang kita kembali pada diri kita masing-masing. Karakter itu tidak ada sekolahnya. Karakter itu ada pada kepribadian setiap orang untuk bisa berubah. Dan itu ada pada hati bapak/ibu guru,” lanjut dia.

Angrith meminta sekolah menciptakan suasana belajar yang tenang agar para siswa/i bisa menyerap ilmu dengan baik. Ia yakin, sepuluh tahun mendatang, alumni SMK akan merubah wajah daerah.

“Kalian ini calon pemimpin masa depan. Sepuluh tahun mendatang Alor akan menghasilkan sarjana dari SMK 1. Dari 776 ini kalau bisa 3/4 semua sarjana sehingga bisa datang rubah wajah kita yang ada di sini,” ujar Angrith, optimis sambil meminta gedung sekolah dibangun berlantai dua.

Selain itu Korwas juga meminta para guru melanjutkan studi ke jenjang S2, karena sudah ada program S2 untuk guru. Ke depan dengan perubahan regulasi baru, kepala SMA/SMK wajib S2.

“Maka yang masih muda, ke depan bisa mengajukan untuk bisa lanjut S2. Karena S1 itu ada pada SD sekarang,” pungkasnya.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/07/29/polisi-bongkar-sindikat-kasus-prostitusi-di-rumah-dinas-kepala-bmkg-alor/

Korwas pun memotivasi para guru, selama kita masih hidup, berbuatlah sesuatu untuk bangsa dan negara. Jangan menghitung apa yang negara berikan kepada anda, tapi anda harus yakin bahwa apa yang sudah anda buat kepada negara.

“Selamat ulang tahun ke 40, semoga di usia ini kita semankin dewasa, semakin cerdas dan semakin berkarakter. Gunakanlah ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk. Semakin berkarakter semakin alim dan semakin tenang,” kata Korwas mengakhiri sambutannya.

Perayaan HUT SMK itu dimeriahkan dengan beragam acara kreatifitas dari para siswa/i di masing-masing jurusan.

Diketahui, SMK Negeri 1 Kalabahi memiliki enam jurusan keahlian, di antaranya: Nautika Kapal Niaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan. Di masa Kasek Idaleta, sekolah tersebut mengalami perubahan signifikan. Kini sekolah itu menjadi sekolah favorit mayoritas siswa yang lulus SMP/sederajat. (*dm). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here