Eks Ketua SEMA Undana Merianus Kaat Deklarasi Cabup Alor 2023

Marianus Kaat, S.Pd.,MM, deklarasi maju Bupati pada Pilkada Alor 2023 mendatang, di Restoran Aikoli Kang Resort, Selasa (16/7) siang.
Marianus Kaat, S.Pd.,MM, deklarasi maju Bupati pada Pilkada Alor 2023 mendatang, di Restoran Aikoli Kang Resort, Selasa (16/7) siang.

Kalabahi –

Merianus Kaat, S.Pd.,MM mendeklarasikan dirinya sebagai bakal calon Bupati pada Pilkada Alor tahun 2023. Eks Ketua SEMA Undana itu meminta publik memberikan dukungan penuh padanya sebagai syarat menang survey agar dilirik Parpol.

“Saya sebagai salah satu kader Alor, saya ingin terlibat dalam proses politik Pilkada 2023,” kata Merianus saat menggelar deklarasinya di Restoran Aikoli Kang Resort, Selasa (16/7) siang.

Ia mengatakan, dirinya siap maju bertarung dalam Pilkada Alor 2023 karena ingin melayani dan menuntaskan program-program pemerintah yang belum terealisasi di periode kepemimpinan Bupati/Wakil Bupati Alor, Drs. Amon Djobo – Imran Duru, S.Pd.

“Niat saya ingin melayani yang belum tuntas dikerjakan Pak Amon dan Pak Imran,” katanya.

Pribumi satu-satunya yang sukses jadi pengusaha melalui perusahaannya di PT. Ardhyprima Grup itu menyatakan niatnya bertarung di Pilklada Alor melalui pintu partai politik.

Saat ini Merianus sedang gencar mensosialisasikan diri agar menang survey nanti sebagai Bakal Calon Bupati yang memiliki elektabilitas tertinggi di Alor. Sebab jika nanti elektabilitasnya tinggi maka tentu sudah memenuhi syarat pencalonan yang ditentukan Parpol.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/15/begini-syarat-mudah-dapat-bantuan-rumah-di-alor-ntt/

Meskipun saat ini Merianus menjabat salah satu pengurus partai Demokrat Alor namun ia katakan itu bukan menjadi hal mutlak ia mulus menggunakan kursi partai berlambang merci pimpinan AHY di Pilkada Alor.

Merianus paham betul bahwa pencalonan bursa calon kepala daerah di Parpol tentu ada mekanisme dan aturan mainnya. Oleh sebab itu ia akan penuhi semua syarat Parpol tersebut, utamanya menang survey dalam bursa Calon Bupati yang paling berpengaruh pada Pilkada Alor mendatang.

“Partai mana yang kita mau melamar dia pasti punya mekanismenya. Secara jujur bahwa saya ini anggota partai dan pengurus Demokrat (Alor) tapi belum tentu saya bisa masuk melalui partai Demokrat kalau misalnya elektabilitas saya tidak memungkinkan. Tidak hanya elektabilitas tapi ada lampiran-lampiran lain menjadi pertimbangan,” ujarnya sembari tersenyum sambil menatap wajah istrinya yang duduk di sampingnya.

“Jadi bagi saya partai itu tidak ada masalah. Yang paling penting adalah, apakah respon masyarakat layak tidak yang akan dibuktikan dengan hasil survey. Yang kedua itu adalah lampiran-lampiran yang diminta oleh partai itu kita penuhi atau tidak. Jadi ada dua hal itu yang menurut saya. Tapi syarat dan lampiran-lampiran (Partai) itu kata orang bagi Merianus itu tidak ada masalah,” lanjut dia.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/15/dampak-covid-19-388-pekerja-di-alor-dirumahkan/

Untuk mendapat reting tertinggi dalam survey agar dilirik Parpol maka Merianus mendeklarasikan niatnya siap maju di bursa Pilkada Alor lebih dini. Tujuannya, ia ingin rakyat lebih mengenalnya dan menaruh dukungan penuh sebagai syarat menang survey dalam pencalonannya di Parpol nanti.

“Saya mohon izin kepada semua pihak bahwa niat saya ini didengar oleh komunitas masyarakat Alor maka saya mohon bantu mengkomunikasikan kepada masyarakat luas. Prinsipnya bahwa saya pendatang baru maka saya juga harus memulai dari sekarang,” ujarnya.

Soal siapa Bakal Calon Wakil Bupati yang akan mendampinginya, Merianus serahkan sepenuhnya kepada rakyat dan Parpol yang menentukan melalui survey nanti.

Prinsipnya ia ingin Calon Wabup harus memenuhi sejumlah syarat atau wajib sevisi dengannya. Dia tidak ingin pendampingnya itu tak sejalan dengannya dalam urusan pemerintahan ketika memimpin Alor nanti.

Alumnus FKIP Undana Kupang itu menghimbau kepada para bakal calon kepala daerah yang sedang gencar berkampanye terselubung untuk mengutamakan politik santun, elegan dan berbudaya. Ia tidak ingin pesta politik Pilkada Alor di isi dengan hal-hal negatif, saling menghujat dan menjatuhkan satu sama lain.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/12/dinsos-alor-tak-ada-dana-data-penerima-bst-dan-jps-covid-19/

“Sebagai kader muda, saya harap kita-kita yang terlibat dalam proses politik nanti, kita harus menciptakan prilaku yang santun dan elegan. Kita mau tawaran nilai. Kita ingin menawarkan nilai-nilai baru dalam panggung politik dan dalam penyelenggaraan pemerintahan,” ungkapnya.

Merianus menepis wacana bahwa ia sudah sukses di dunia bisnis namun mengapa ingin terjun lagi ke dunia politik? Bagi Merianus, politik adalah alat atau sarana untuk melayani kepentingan umum.

Ia menegaskan keseriusannya maju bertarung di Pilkada Alor lebih dini itu bukan semata-mata hanya ingin ikut ramai atau ingin mengejar kursi kekuasaan yang kosong. Ia siap bertarung di Pilkada Alor hanya ingin mewujudkan visi kemakmuran rakyat.

Apa perubahannya yang diimpikan Merianus? Ada dua hal yaitu pembangunan di bidang kemandirian ekonomi dan membangun SDM terutama karakter kepribadian.

Ada sejumlah gagasan mulia yang ditawarkan oleh Merianus, yakni menawarkan slogan REVOLUSI membangun ekonomi kerakyatan dari desa dengan pendekatan TANAM-BELI. Program tersebut sudah pernah ia coba dan berhasil di beberapa gereja dan desa di Alor beberapa tahun silam.

Baca Juga: https://tribuanapos.net/2020/06/12/pemkab-alor-pasarkan-gula-murah/

Merianus yakin bila dipercayakan rakyat Alor memimpin 5 tahun dengan semangat dan visi milenial kader muda maka Alor akan mengalami lompatan-lompatan perubahan yang berarati.

Merianus kembali menegaskan bahwa deklarasinya itu tidak akan mengganggu jalannya roda pemerintahan yang kini dinakohdai Bupati Amon Djobo dan Wabup Imran Duru. Ia berkomitmen mendukung penuh pemerintahan Amon-Imran hingga periode berahir dan siap melanjutkan program-program pemerintah yang belum tuntas dikerjakan.

“Kalau Bapak Amon dan Bapak Imran belum sampai tuntaskan maka itu tanggung jawab kita. Kita butuh orang mudah untuk kerjakan yang belum tuntas dikerjakan pemerintahan ini. Alor butuh orang yang punya komitmen tinggi dan energik. Maka dukung Marianus. Kita akan bikin lompatan-lompatan pembangunan di negeri ini, kalau rakyat memberi kepercayaan kita lewat survey dan ada partai yang akomodir kita,” tegasnya penuh optimis menang survey di bursa Calon Pilkada Alor 2023. (*dm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here