Rayakan HUT Ke-43, Kasek Bangga Bupati dan Wakil Bupati Alor Alumni SMK Negeri 1 Kalabahi

Kepala SMK Negeri 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd sedang memotong kue ulang tahun sekolah yang ke-43, Sabtu (29/7) di halaman sekolah.
Kalabahi – Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Negeri 1 Kalabahi merayakan hari ulang tahunnya yang ke-43 pada tanggal 30 Juli 2023.
Kepala SMK Negeri 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd merasa bangga sekolah itu menghasilkan lulusan-lulusan hebat yang menjabat Bupati dan Wakil Bupati Alor.
Bupati dan Wakil Bupati Alor yang dimaksudkan adalah Drs. Amon Djobo dan alm Imran Duru, S.Pd.,M.Pd yang tamat studi di sekolah itu pada sekitar tahun 1980an.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/31/rayakan-hut-ke-43-ratusan-siswa-smk-negeri-1-kalabahi-bersihkan-sampah-di-kota/
“Sekolah ini punya banyak alumni yang hebat-hebat sudah sukses jadi pejabat daerah. Dulu SMEA Negeri ini yang alumninya ada Bapak Bupati Alor (Drs Amon Djobo, M.AP), dan alm Bapak Wakil Bupati Alor (Imran Duru, S.Pd.,M.Pd) dan pejabat lain di daerah ini. Kalau tidak salah mereka lulusan tahun 1980 an masih nama SMEA Negeri,” kata Idaleta di sela perayaan HUT Ke-43 sekolah, Sabtu (29/7) SMK Negeri, Jln. Cendrawasih No 4, Desa Lendola.
Idaleta menerangkan, sekolah ini memang berulang tahun yang ke 43 (1980-2023) namun sebenarnya usia sekolah ini sudah melebihi 43 tahun karena didirikan pada tahun 1960.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/27/justy-aldrin-umumkan-konser-di-alor-9-september-2023/
“Sekolah ini berdiri memang dari sisi usia bukan 43 tahun karena 43 itu usia yang ada di tahun 1980 masih namanya SMEA Nasional, tapi rupanya sejak tahun 1960 sekolah ini sudah ada dengan nama SMEP, kemudian ganti nama menjadi SMEA Nasional, berubah nama lagi menjadi SMEA Negeri dan berubah lagi menjadi SMK Negeri 1 Kalabahi,” ujarnya.
Idaleta kemudian mengucapkan selamat ulang tahun sekolah kepada semua peserta didik, guru, tenaga tata usaha dan alumni SMK Negeri 1 Kalabahi yang kini berkarir di pemerintahan, TNI-POLRI, swasta dan masyarakat.
Ia juga mengajak Bupati Alor Amon Djobo dan para alumni lainnya mampir ke sekolah untuk berbagi kisah inspiratif mengenai kehidupan keluarga dan pekerjaan mereka guna memotivasi anak-anak dalam belajar.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/26/fakultas-mipa-untrib-luluskan-76-sarjana/
“Kami keluarga besar di SMK Negeri 1 sangat merindukan kehadiran mereka alumni untuk berbagai hal-hal yang inspiratif mengenai pengalaman kerja dan keluarga mereka sehingga anak-anak juga bisa tahu oh seperti ini output yang dihasilkan sekolah ini,” katanya.
Selain itu, Idaleta juga memaparkan progres perkembangan sekolah itu. Menurutnya saat ini SMK Negeri 1 Kalabahi memiliki 780 peserta didik dari Kelas X-XII.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/25/yerimoth-bantara-anak-kampung-kolana-alor-yang-sukses-jadi-advokat-di-jakarta/
Jumlah itu tersebar di 6 program studi antara lain: Nautika Kapal Niaga (NKN), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKEL), Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Bisnis Daring dan Pemasaran (BISDAP), dan Akomodasi Perhotelan (APH).
“Untuk peserta didik Kelas XII ada 258 siswa-siswi sementara ini semuanya sedang praktek di lembaga pemerintah dan swasta, termasuk di Kapal AWU. Kami bersyukur karena mereka diterima dengan baik dan sudah mulai praktek selama sebulan lebih dari enam bulan waktu yang ditentukan,” katanya.
“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk kita semuanya. Tuhan memberkati,” ujar Kasek Idaleta.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/25/keluarga-alor-nyatakan-sikap-dukung-caleg-dpr-ri-yerimoth-bantara-di-pemilu-2024/
Bupati Alor Pastikan Kunjungi SMK Negeri
Bupati Alor Drs. Amon Djobo, M.AP mengaku bangga dia dan Wakil Bupati Alor alm Imran Duru, S.Pd.,M.Pd bisa menjadi bagian dari alumni SMK Negeri 1 Kalabahi.
Amon Djobo menyebut SMK menjadi sekolah yang menyimpan kenangan indah antara ia dan Wakil Bupati alm Imran Duru semasa sekolah hingga memimpin Alor dua periode.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/24/fakultas-ekonomi-untrib-luluskan-65-sarjana-manajemen/
“Ya, saya dan alm Bapak Imran Duru tamat di sekolah itu. Itu sekolah kecil yang diberkati Tuhan karena dari sekolah itu kami diberkati dan diutus Tuhan untuk memimpin Alor (dua periode). Kami punya kenangan indah di sekolah itu,” kata Amon, Senin (31/7) di Kalabahi.
“Saya tamat tahun 1978, masa transisi dari sekolah masih SMEA Nasional ke SMEA Negeri. Itu zaman saya. Kalau Bapak Wakil beliau di atas tiga tahun senior saya, sekitar tahun 1975,” ujarnya sambil mengenang kisahnya bersama alm Imran saat masih berseragam putih abu-abu.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/21/untrib-utus-387-mahasiswa-kbpm-di-47-desa-tahun-2023-fokus-genjot-potensi-desa/
Selain ia dan alm Imran Duru, Amon Djobo juga menyebut sekolah itupun menghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang menjadi pejabat daerah, antara lain: Kadis Keuangan Dewi Odja, Mantan Kadis Pendidikan Alberth N. Ouwpoly dan masih banyak pejabat daerah yang lain.
Bupati Amon memastikan bahwa dalam waktu dekat ia akan jadwalkan kunjungan kerjanya ke SMK Negeri untuk berbagi kisah inspiratif dan memotivasi anak didik agar tetap semangat belajar mengejar cita-citanya.
“Nanti saya akan ke sekolah secepatnya. Nanti kita berbagi cerita untuk memotivasi anak-anak supaya belajar yang tekun untuk menjadi pemimpin besar di daerah ini. Jangan ragu sekolah di sekolah itu karena itu sekolah yang sungguh-sungguh diberkati Tuhan. Amin,” tutup Amon Djobo dihubungi di sela kegiatan bersama Danrem Wisakti¬† Kupang Kolonel Febriel Buyung Sikumbang di Makodim Alor.
Baca Juga: https://tribuanapos.net/2023/07/18/bupati-alor-tolak-kurikulum-merdeka-belajar-program-menteri-nadiem/
Diberikan, perayaan HUT SMK Negeri 1 Kalabahi tahun ini dilakukan dengan tema, LISA: Lihat Sampah Angkat.
Ratusan siswa dan guru melakukan pungut sampah di sepanjang badan jalan utama dari depan MTs Masjid Kadelang menuju gedung SMK Negeri 1 di Desa Lendola pada Sabtu pagi pukul 06.00 WITA hingga siang.
Selain itu, mereka juga membersihkan sampah di area Pasar Lipa Kalabahi. Tiba di sekolah, acara perayaan HUT dilanjutkan dengan lomba vocal grup, paduan suara, dance, DJ dan lainnya. (*dm).